Jumat, 26 Juni 2015

Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Google Ads
 Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi

Sukses.co - Tahu nggak sih kamu kalau smartphone atau tablet milik kamu memiliki basic seismometer yang bisa mendeteksi aktifitas yang berkaitan dengan gempa bumi? Kali ini kami akan memberitahukan kamu cara menggunakan hp sebagai alat pendeteksi gempa bumi.

Jika suatu saat ruangan tempat kamu berdiri terasa bergetar, kamu tidak perlu panik. Coba cek apakah itu benar-benar tanah yang bergoyang atau hanya diri kamu yang kehilangan keseimbangan.

Baca Juga
10 Fakta I-Doser, Aplikasi yang Disebut 'Narkoba Digital' Masa Kini
Cara Mendapatkan Unlimited Gems Pada Clash of Clans Menggunakan Private Server
Tweak Carging Cepat Dan Irit Baterai Untuk Android

Untuk mengeceknya, kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun. Kamu hanya perlu memakai browser bawaan dari smartphone ataupun tablet milikmu.

Kamu akan melihat grafik gelombang yang terus bergerak tetapi jika kamu sedikit goyang atau memiringkan mobile device kamu, maka kamu akan melihat simulasi aktivitas seismic dan grafik akan menangkap gerakan-gerakan tersebut secara real-time seperti pada seismograf.


Berikut kami tunjukkan cara menggunakan hp sebagai alat pendeteksi gempa bumi:

1. Buka Browser di HP Kamu
Dalam hal ini kami memakai browser Google Chrome.

2. Buka URL Ini
Kamu bisa kunjungi URL http://ctrlq.org/earthquakes/seismograph.html lewat browser pada HP kamu untuk mengecek aktifitas seismic yang ada.

3. Letakkan HP atau Tablet Kamu di Tempat Datar
Agar tidak termodifikasi dengan getaran di tangan kamu, kamu bisa letakkan smartphone atau tablet kamu di meja atau lantai yang datar. Hal ini guna melihat aktifitas gempa yang ada. Karena semakin keras guncangannya, maka grafik seismograf akan semakin naik turun.

Contoh Seismograf Lewat HP
Ini adalah contoh seismograf yang kami buat menggunakan HP. Bisa kamu lihat grafiknya turun naik, itu karena HP tersebut sengaja diguncangkan. Semakin besar guncangannya maka semakin penuh grafiknya.

Contoh Seismograf Lewat PC

Bisa kita lihat grafiknya di PC datar. Karena PC diletakkan di tempat datar dan tidak sengaja digoyangkan maka grafiknya mulus. Ini berarti sedang tidak ada aktifitas seismic di kawasan ini.

Kamu bisa menggunakan HP sebagai seismograf karena mobile device yang baru diproduksi kebanyakan memiliki built-in accelerometer dan gyroscope yang akan memetakan gerakanmu ke browser. Jika kamu menggunakan Google Chrome di desktop, kamu bisa mengaktifkan opsi Accelerator di bawah Sensor dalam Chrome Dev Tools untuk mensimulasikan guncangan seismic yang ada.


Cara Menggunakan HP Sebagai Alat Pendeteksi Gempa Bumi Like Fans Page, follow twitter atau add Google+ SUKSES.CO untuk mendapatkan update tips, trik dan informasi menarik lainnya. source
Google Ads
Facebook Twitter Google+

1 komentar:

Kunbl sukses gan. Tapi hp java ku tidak bisa buat deteksi gempa.

Terimakasih Sudah Memberi Masukan :)

 
Back To Top